konflik peradaban

Judul Buku: Shira Al Hadlaraat Au Al Aulamah ( Konflik Peradaban/Globalisasi)
Pengarang: Dr. Abdul Mun’im Sa’id
Penerbit: Maktabah Usrah
Tahun: 2002

Tugas primer dari disiplin ilmu sosial adalah berusaha memahami beragam fenomena berbeda yang bersangkutan dengan manusia dan komunitas politik yang berbeda pula. Dan itu bisa terimplementasikan melalui perangkat epistemik guna mengidentifikasikan fenomena tersebut dan menghimpun data serta fakta yang terdapat disekitarnya. Setelah itu mulailah proses interpretasi melalui teori-teori atau survei yang mengkolerasi kejadian dengan hubungannya, dan bila itu terjadi maka ini memunkinkan transisi guna melahirkan perpolitikan yang menitik beratkan pada kepentingan bersama serta usaha mewujudkannya dan dapat pula mencegah kerugian dampak refleksi dari hal itu. Singkatnya, bahwa proses pemahaman berjalan melalui beberapa tahapan, dan itu merupakan keputusan yang membahas beberapa dimensi dan hubungannya serta kejadian yang terjadi secara bertalian. Dan pada akhir terdapat regulasi yang dengannya terlimitasi beragam kebebasan dalam aksi dan pergerakan dan juga perubahan kondisi dari satu kelainnya.

Sejak kejadian 11 september 2001, peledakan Gedung WTC dan Pentagon di Newyork, kemudian setelahnya penyerang terhadap Afghanistan yang dilanjuti dengan gerakan memerangi aksi terorisme, dan lain-lain, dalam hal ini masyarakat dunia bebas dalam memahami realita yang terjadi dengan nalar dan rasio yang terbatas. Kemudian ditengah-tengah kebingunan atas rentetan kejadian fenomenal yang ada, hadir provokasi langsung dengan menengahkan teori “konfilk peradaban“ yang mana telah dipublikasikan oleh Samuel Huntington -seorang ilmuwan besar- dalam bukunya yang berjudul The Clash of Civilization and the remaking of World Order yang terkenal pada tahun sembilan puluhan. Jelas penabrakan gedung WTC merupakan bentuk real dari konflik yang menakutkan antara komunitas manusia yang berbeda ideologi, peradaban, dan agama. Hal inilah yang menjadi pembahasan penting bagi penulis, seperti beberapa pertikaian yang mempunyai tujuan nonmutual tersembunyi yang secara alami dapat mendekripsikan realita di era globalisasi.

Pada buku ini penulis mencoba untuk mengupas tuntas apa yang terjadi pada akhir-akhir ini, khususnya kejadian 11 september tersebut, dan beberapa kejadian fenomenal lainnya yang mewarnai dunia internasional. Penulis membagi empat bahasan didalam buku kecil ini, pada bahasan pertama penulis menitik beratkan pada gagasan perdebatan untuk menerapkan teori “konflik peradaban” atau “globalisasi” terhadap realita yang terjadi, dan seberapa jauh efektifitas teori tersebut dalam memahami kejadian yang ada. Kemudian dalam pembahasan kedua mencakup beberapa pengaturan dan pengawasan politik melalui survei kondisi negara Cina dan Mesir serta komparasi antara kedua negara melalui kapabelitas keduanya dalam menghadapi serta berakomodasi dengan perkembangan faktual yang terjadi di dunia internasional. Pada pembahasan berikutnya penulis mencoba mengupas usaha interpretasi fenomena atas upaya pelemahan Thaliban, serta membahas fenomena Islam dalam mata internasional. Dan pembahasan terakhir penulis mengalihkan pandang kepada pertentangan internasional dan regional, yaitu usaha negara-negara berkembang untuk mengadakan expansi besar-besaran yang berkedok organisasi. Dengan bahasa lugas dan menarik buku ini seakan mempertajam daya nalar seseorang untuk ikut merasakan dan peduli terhadap teori yang ditawarkan.

Adanya gagasan untuk meimplementasikan teori konflik peradaban atau golbalisasi perlu adanya pendekatan empiris yang mengakomodir beberapa pertentangan yang terjadi, dan tidak hanya itu, kerjasama antar negara secara universal mutlak perlu digalakkan untuk menyatukan persepsi yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: